Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis

Media sosial seperti facebook, twitter dan instagram merupakan salah satu sarana yang paling mudah digunakan dalam mempromosikan sebuah bisnis, entah itu bisnis yang bersifat online maupun online. Selain mudah menggunakan media sosial sebagai sarana promosi juga tergolong murah dari segi biaya bahkan bisa gratis.

Akan tetapi banyak diantara pelaku bisnis yang belum bisa secara optimal memanfaatkan media sosialnya sehingga hasil yang diperolehpun tidak maksimal. Padahal dengan banyaknya pengguna media sosial di indonesi, jika berhasil dalam memanfaatkan media sosial akan membawa dampak besar dalam bisnisnya.

Berikut ini adalah sedikit tips agar bisa lebih optimal dalam menggunakan media sosial sebagai sarana promosi bisnis.

  1.  Tambahkan Tagar / Hashtag di Tiap Postingan

Saat ini sebagian media sosial rata rata menggunakan fitur tagar atau lebih sering disebut hashtag dan sebagi sarana promosi hashtag ini memiliki peran yang cukup besar karena sebagian besar pengguna media sosial akan memanfaatkan fitur hastag untuk mencari berbagai hal.

Penggunaan hastag juga ada aturannya, jangan sampai Anda menambahkan hastag yang tidak memiliki kaitan dengan produk / jasa yang Anda tawarkan, karena itu hanya akan mengurangi kredibilitas bisnis Anda.

2. Manfaatkan FanPage Sebagai Sarana Promosi Bisnis di Facebook

Jika selama ini kita masih menggunakan profile pribadi dalam mempromosikan usaha atau bisnis kita maka mulai sekarang beralihlah ke fanspage. Facebook page atau fanpage facebook merupakan sarana yang disediakan oleh Facebook bagi para pemilik bisnis. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fitur yang ada di fanpage seperti :

  • Auto Scedule (menjadwalkan post)
  • Pinning a Post (menyematkan post)
  • Check in (fitur mendaftarkan diri)
  • Rating (fitur memberikan penilaian)

Dan masih banyak fitur lain, intinya facebook fanpage memang disediakan untuk para pebisnis, jadi manfaatkan fitur tersebut secara maksimal.

3. Maksimalkan Kepuasan Pelanggan Dengan Layanan Fast Response

Kecepatan dalam membalas setiap pertanyaan yang masuk akan menjadi nilai tambah tersendiri. Jadi pastikan Anda selalu siap, karena pertanyaan maupun komplain dari pelanggan bisa datang kapan saja mengingat mudahnya mereka dalam mengirim pesan melalui internet. Memiliki pelayanan yang cepat juga akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Namun juga harus diimbangi dengan pelayanan yang ramah saat berkomunikasi dengan pelanggan, hal ini penting untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Comments 1

Tinggalkan Balasan